Catatan Nandy

Home » Casual Discussion » Penggantian Paspor di Imigrasi Yogyakarta (Juli 2017)

Penggantian Paspor di Imigrasi Yogyakarta (Juli 2017)

Categories

Follow Catatan Nandy on WordPress.com

Pada hari Jumat, tanggal 14 Juli 2017, saya akhirnya mengurus penggantian paspor karena paspor lama saya akan expired di bulan Januari 2018.

Disarankan oleh travel agent bila mengurus sendiri datang jam 05.30 dan saya memang mengurus sendiri. Dasarannya ngeyel, tiba di imigrasi Yogya pukul 06.30 dan tanya – tanya disana ternyata sistem antrinya cari kursi dengan angka terbesar yang tidak diduduki orang… Dapatlah saya, nomer 92!!!

Dan mengisi waktu menunggu dengan mengobrol sesama… Katanya sih ya yang datang pertama anak mahasiswa sudah nongkrong dari jam 3 pagi, tapi kemudian ada yang menimpali tidak sepagi itu juga… Tiba jam 5 atau jam 5.30 sudah cukup.

Nah… Apakah sepagi itu worth? Mari kita buktikan.

Panggilan pertama dibuka pukul 07.30 dan tiap panggilan menghabiskan 30 antrian.. Jadi saya gelombang 30 yang ke-4


Dan ikut gelombang ke-4 itu, saya ambil nomer antrian mengganti paspor di pukul 08.15 dengan antrian B-17.. kalau membuat paspor baru, sepertinya nomer antriannya A-( )

Saya dapat map kuning berisi formulir (tidak bayar), saya lengkapi. Di map kuning sih ada syarat macam macam, tapi ternyata saya hanya bawa ktp-el dan paspor lama plus copy-nya laku juga… Saya bisa salah info, tapi itu kayaknya privilege ktp-el deh.

Kemudian ikut menunggu pada ruang tunggu yang disediakan. Tiba saatnya dipanggil utk B-17, yang antrian A sepertinya sudah A-30an… Saya (antrian B-17) dipanggil pukul 09.00, menyerahkan berkas di loket 5 dan menunggu panggilan lagi

Tak lama kemudian, saya dipanggil di loket 5. Ditanyain keperluannya apa, saya jawab konferensi, kemudian di foto.. Karena terlalu bersemangat, saya pose foto sambil senyum pakai gigi dan diingatkan pak petugas untuk pose biasa saja. Nah yang ini lupa lupa ingat, sepertinya saya juga diambil sidik jari.

Pukul 09.15 urusan saya selesai, dan dikatakan prosesnya 3 hari kerja, yang artinya Rabu, 19 Juli 2017, saya datang kembali.

Saya pun membayar biaya paspor di bank bni (dapat segala bank kayaknya)… Cari yang antriannya minim, di kampus tempat saya berkarya… Saya lupa biaya persisnya berapa (tidak didokumentasi), tapi kalau tidak salah ingat Rp.355 ribu dan urus sendiri A-Z… Belum termasuk biaya parkir di Bandara Adisutjipto.

Kesimpulan: Ternyata datang pada pukul 06.30, urusan saya di imigrasi kelar pukul 09.15. Tidak semengerikan yang saya bayangkan sebelumnya.

 
Pengambilan paspor

Kemudian tiba saatnya mengambil paspor… Nah ini saya mohon maaf tidak terlalu mendokumentasikan.

Saya datang ke imigrasi, agak kesiangan.. pukul 9an kira – kira. Saya langsung bertanya pada petugas yg menyaring di luar pintu masuk. Beliau berkata bukti bayar dititipkan beliau saja… Terus terang saya tadinya agak tidak percaya, iya kalau iya… Kalau tidak? (Indonesia banget yak)

Yasudah bukti bayar titip beliau (tidak bayar) dan beliau mengatakan pukul 13.00 dapat datang kembali dan menunggu nama dipanggil

Skip.. skip

Saya datang kembali agak telat dari pukul 13.00. Dan mendapati nama orang – orang dipanggil pada loket pengambilan.

Bingung juga, bagaimana cara tahu nama saya sudah dipanggil atau belum? Akhirnya saya berinisiatif bertanya apakah nama saya sudah dipanggil… Dan saya kemudian diminta duduk menunggu.

Tak lama kemudian nama saya dipanggil, saya tanda tangan pengambilan… Selesai

Terima kasih imigrasi Yogyakarta!

Leave a Reply

